Komunikasi Interpersonal Antara Atasan dan Bawahan Pada Divisi Marketing di PT. Adi Jaya Berlian

Prasetyo, Adi Nur (2023) Komunikasi Interpersonal Antara Atasan dan Bawahan Pada Divisi Marketing di PT. Adi Jaya Berlian. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Draft Naskah Publikasi Skripsi Adi.doc

Download (101kB)

Abstract

Komunikasi yang baik dapat membantu membangun hubungan yang positif
dengan karyawan, meningkatkan keterlibatan mereka dan memperbaiki kinerja
perusahaan. Para pemimpin harus memperhatikan pentingnya komunikasi yang
efektif dalam membangun motivasi kerja karyawan. komunikasi interpersonal
dapat dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, misalnya melalui
teknologi komunikasi yang memungkinkan pembangunan hubungan yang kuat
meskipun dalam jarak yang jauh. Penggunaan teknologi komunikasi dapat membantu dalam meningkatkan kerja sama antar karyawan, membangun hubungan
yang baik dengan pelanggan dan mitra bisnis, serta membantu menciptakan budaya perusahaan yang positif melalui saling pengertian, kepercayaan, dan kedekatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi komunikasi antara atasan dan bawahan pada divisi marketing di PT. Adi Jaya Berlian dalam situasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan, serta
menghubungkannya dengan persepsi, kepuasan, dan kinerja. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan kegiatan wawancara dan observasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian
terdiri dari atasan dan bawahan yang bekerja di berbagai organisasi dan tingkat
hierarki. Hasil penelitian telah di analisis menggunakan teori 5 konsep keberhasilan komunikasi interpersonal menurut De Vito yaitu (1) Keterbukaan dengan
temuan Briefing mingguan antara Atasan dan Bawahan di PT. Adi Jaya Berlian,
(2) Empati dengan temuan sikap Empati dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan, (3) Sikap Mendukung dengan temuan interaksi langsung antara atasan dan
bawahan dalam mencapai target perusahaan, (4) Sikap positif dengan temuan
Pemberian reward kepada karyawan berprestasi, (5) Kesetaraan dengan temuan
perilaku senioritas para karyawan divisi Marketing di PT. Adi Jaya Berlian.
Dengan meningkatnya pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
komunikasi interpersonal, diharapkan organisasi dapat menciptakan lingkungan
kerja yang harmonis, meningkatkan kepuasan kerja, dan mengoptimalkan kinerja
organisasi secara keseluruhan. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi
dalam meningkatkan efektivitas komunikasi antara kedua pihak serta meningkatkan kepuasan dan kinerja individu maupun organisasi secara keseluruhan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Metode Penelitian Kualitatif, Motivasi Kerja
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:39
Last Modified: 28 Jul 2023 02:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20409

Actions (login required)

View Item
View Item