Rukmana, Saep (2012) ANALISIS PREFERENSI MEREK PRODUK MINUMAN ENERGI NONCAIR BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Tinjauan pada Merek Extra Joss, Kuku Bima Ener-G dan Hemaviton Jreng). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (14kB)
BAB I.pdf
Download (34kB)
BAB VI.pdf
Download (9kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (11kB)
Saep Rukmana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Konsumen sebelum mengambil keputusan pembelian akan membentuk
preferensi terhadap suatu merek. Preferensi tersebut berdasarkan atribut-atribut
yang dimiliki oleh suatu merek. Setiap atribut memiliki tingkat kepentingan dan
kualitas yang berbeda menurut persepsi konsumen. Tingkat kepentingan dan
tingkat kualitas atribut tersebut membentuk preferensi merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepentingan
atribut produk minuman energi noncair, bagaimana tingkat kualitas atribut
minuman energi noncair merek Extra Joss, Kuku Bima Ener-G dan Hemaviton
Jreng menurut persepsi konsumen dan bagaimana preferensi konsumen atas ketiga
merek tersebut. Adapun atribut produk minuman energi noncair yang diteliti
adalah: jenis kemasan produk, rasa di lidah, aroma, kejelasan komposisi bahan,
kemampuan membangkitkan stamina tubuh, kesegaran, warna minuman,
kejelasan informasi efek samping produk.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif atau penelitian bersifat komparatif
dengan membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu, dengan
metode penelitian survei dan berlokasi di kampus II Universitas Mercu Buana
Yogyakarta. Pengambilan sampel sebanyak 100 orang, dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data dengan menggunakan model preferensi compensatory.
Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa seluruh atribut minuman energi
noncair masuk dalam kategori penting dan sangat penting. Tingkat kualitas atribut
pada Extra Joss tertinggi adalah atribut kejelasan komposisi bahan dan terendah
adalah atribut warna minuman. Pada Kuku Bima Ener-G tertinggi adalah tertinggi
adalah atribut kejelasan komposisi bahan dan terendah adalah atribut warna
minuman. Pada Hemaviton Jreng tertinggi kejelasan komposisi bahan dan
terendah adalah atribut kemampuan membangkitkan stamina tubuh. Sementara itu
preferensi merek tertinggi adalah Extra Joss, menyusul berikutnya Kuku Bima
Ener-G dan terakhir adalah Hemaviton Jreng.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | preferensi merek, persepsi konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20579 |