Brianugrah, Baptista I Made (2024) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN DALAM BELAJAR SISWA SMA KELAS XII. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (41kB)
BAB I.pdf
Download (62kB)
BAB V.pdf
Download (18kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (39kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.doc
Download (146kB)
Abstract
Abstrak
Kemandirian belajar merupakan kemampuan dalam belajar, percaya diri, bertanggung jawab dalam kegiatan belajar. Konsep diri merupakan pandangan individu mengenai dirinya baik fisik, sosial dan psikologis yang dapat mempengaruhi perilaku. konsep diri yang positif penting dimiliki siswa agar siswa mempunyai kemandirian dalam belajar yang berarti kemapuan afektif individu yang terbentuk dari inisiatif diri sendiri, dengan penuh rasa percaya diri, tanggung jawab, motivasi, dan disiplin diri yang tinggi, dengan cara masing-masing selama kegiatan belajar dan tidak bergantung dengan orang lain dan tanpa tatap muka. Tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa SMA Kelas XII. Subjek penelitian berjumlah 100 SMA Kelas XII. hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kemandirian belajar SMA Kelas XII. Pegumpulan data dilakukan menggunakan skala konsep diri dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis regresi linier sederhana adalah metode yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara dua variabel. Dalam penelitian ini menggunakan analisis pearson correlation untuk mencari hubungan variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Analisis data sendiri akan dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS for windows. Sebelum dilakukan uji hipotesis, makan akan diuji uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Hasil analisis Berdasarkan hasil korelasi product moment dari Pearson antara variabel konsep diri dengan kemandirian belajar, diperoleh (r)=0,608 dengan taraf signifikan p=0,000 (p<0,05). Sumbangan efektif sebesar 0,608×100%=60,8% dan sisanya 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa, Konsep Diri, Kemandirian Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:19 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:19 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22013 |