Rahmawati, Peni (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATERI LINGKARAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 GODEAN KELAS VIII DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
2. BAB I.pdf
Download (107kB) | Preview
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (377kB)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (639kB)
6. BAB V.pdf
Download (8kB) | Preview
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
(FULL TEXT) SKRIPSI_PENI RAHMAWATI_14141009_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
ABSTRAK
Peni Rahmawati: Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Lingkaran Pada Siswa SMP Negeri 2 Godean Kelas VIII Ditinjau Dari Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Strata Satu. Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran proyek pada materi lingkaran dan mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang model pembelajaran berbasis proyek materi lingkaran pada siswa SMP negeri 2 Godean kelas VIII yang terdiri dari beberapa aspek, yaitu: (1) kesesuaian model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan, (2) kreativitas belajar siswa, (3) hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan deskripstif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey descriptive design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean yang terdiri dari empat kelas. Sedangkan sampelnya diambil secara Simple Random Sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII C dan kelas VIII D dengan masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek materi lingkaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, dan kuesioner. Uji validitas instrument penelitian berdasarkan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitasmenggunakan teknik Cronbach’s Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek materi lingkaran dalam kategori sangat baik dengan skor perolehan sebesar 97,41%; (2) rata-rata skor perolehan dalam tes hasil belajar adalah 86,67; (3) hasil belajar siswa dalam kategori tuntas dengan persentase perolehan sebesar 79,69%; (4) persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar adalah sangat baik dengan persentase perolehan sebesar 86,73%.
Kata kunci: persepsi siswa, pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nuryadi, S. Pd. Si., M. Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 24 May 2018 03:46 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:12 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2867 |