HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Permatasari, Desy Sesilia (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[thumbnail of SKRIPSI BOOKMARK.pdf] Text
SKRIPSI BOOKMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial
orang tua dengan motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Psikologi di
Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat
hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada
mahasiswa. Subjek penelitian sebanyak 60 orang. Pengambilan subjek menggunakan
sampling insidental dengan data yang dikumpulkan menggunakan Skala Motivasi
Belajar dan Skala Dukungan Sosial Orang Tua. Data dianalisis menggunakan korelasi
product moment dengan program SPSS v.20. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh
nilai korelasi (rxy) sebesar 0.731 dengan p = 0.000 (p<0.005). Hasil tersebut
menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar
dengan dukungan sosial orang tua pada mahasiswa. Diterimanya hipotesis dalam
penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0.534 yang berarti
dukungan sosial orang tua memiliki kontribusi 53.4% terhadap motivasi belajar dan
sisanya 46.6% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti cita-cita atau aspirasi siswa,
kemampuan siswa, kondisi siswa, unsur dinamis dalam belajar serta pembelajaran,
dan upaya guru dalam pembelajaran siswa.
Kata kunci : motivasi belajar, dukunga sosial orang tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Santi Esterlita Purnamasari, M.Si., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:35
Last Modified: 18 Aug 2022 07:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item
View Item