Rini, Rini (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I 2003.pdf
Download (218kB) | Preview
![[thumbnail of BAB II 2003.pdf]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II 2003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
![[thumbnail of BAB III 2003.pdf]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III 2003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
![[thumbnail of BAB IV 2003.pdf]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV 2003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V 2003.pdf
Download (90kB) | Preview
![[thumbnail of JUDUL LAMPIRAN.pdf]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JUDUL LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
![[thumbnail of SKRIPSI full.pdf]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Ekakapti Karangmojo semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian adalah penerapan metode penemuan terbimbing. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) teknik analisis data hasil belajar siswa dimana siswa dikatakan tuntas jika siswa mencapai standar kompetensi yang diharapkan, yaitu jika skor tes siswa mencapai ≥75; 2) teknik analisis data observasi dimana data hasil observasi diperoleh dari pengamat, yaitu guru mata pelajaran matematika dan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61.76% dan siklus II sebesar 88.24%, sehingga setelah diterapkannya metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika terjadi peningkatan persentase sebesar 26.48%; 2) hasil dan proses belajar siswa menjadi lebih baik setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi guru yang mengalami peningkatan sebesar 18,05% dan hasil aktivitas siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11,67% selama penelitian siklus I dan II.
Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | M. Irfan Rumasoreng., S.Pd., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 07:39 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/385 |