Rini, Rini (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I 2003.pdf
Download (218kB) | Preview
BAB II 2003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
BAB III 2003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
BAB IV 2003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V 2003.pdf
Download (90kB) | Preview
JUDUL LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
SKRIPSI full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Ekakapti Karangmojo semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian adalah penerapan metode penemuan terbimbing. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) teknik analisis data hasil belajar siswa dimana siswa dikatakan tuntas jika siswa mencapai standar kompetensi yang diharapkan, yaitu jika skor tes siswa mencapai ≥75; 2) teknik analisis data observasi dimana data hasil observasi diperoleh dari pengamat, yaitu guru mata pelajaran matematika dan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61.76% dan siklus II sebesar 88.24%, sehingga setelah diterapkannya metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika terjadi peningkatan persentase sebesar 26.48%; 2) hasil dan proses belajar siswa menjadi lebih baik setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi guru yang mengalami peningkatan sebesar 18,05% dan hasil aktivitas siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11,67% selama penelitian siklus I dan II.
Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | M. Irfan Rumasoreng., S.Pd., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 07:39 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/385 |