Setiowati, Rini (2017) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (239kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (665kB)
BAB V.pdf
Download (161kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
gyakarta, 2017
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh
pendekatan Brain Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan posttest
only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Yogyakarta pada
tahun ajaran 2016/2017 tanggal 14 Februari – 07 April 2017. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu berdasarkan
pertimbangan guru mata pelajaran matematika dan ditentukan pula berdasarkan
hasil rata-rata nilai UAS semester ganjil yang memiliki nilai yang homogen.
Kemudian diperoleh kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas
eksperimen berjumlah 28 siswa yaitu pada kelas X IPA-2 diajar dengan
pembelajaran menggunakan pendekatan Brain Based Learning. Sampel pada
kelas kontrol berjumlah 26 siswa yaitu pada kelas X IPA-3 diajar dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes uraian pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji t-test (independen sample t-test).
Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes akhir
kelas eksperimen = 75,03 dan kelompok kontrol = 67,55. Dengan taraf signifikan
(α) 5% thitung = 1,71 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk n1 + n2 – 2) = 52 yaitu
sebesar 1,67, diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak, dengan kata lain dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Brain Based Learning terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci: Brain Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nanang Khuzaini, S.Pd. Si. M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 05:21 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:31 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/396 |