PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Setiowati, Rini (2017) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

gyakarta, 2017
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh
pendekatan Brain Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan posttest
only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Yogyakarta pada
tahun ajaran 2016/2017 tanggal 14 Februari – 07 April 2017. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu berdasarkan
pertimbangan guru mata pelajaran matematika dan ditentukan pula berdasarkan
hasil rata-rata nilai UAS semester ganjil yang memiliki nilai yang homogen.
Kemudian diperoleh kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas
eksperimen berjumlah 28 siswa yaitu pada kelas X IPA-2 diajar dengan
pembelajaran menggunakan pendekatan Brain Based Learning. Sampel pada
kelas kontrol berjumlah 26 siswa yaitu pada kelas X IPA-3 diajar dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes uraian pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji t-test (independen sample t-test).
Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes akhir
kelas eksperimen = 75,03 dan kelompok kontrol = 67,55. Dengan taraf signifikan
(α) 5% thitung = 1,71 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk n1 + n2 – 2) = 52 yaitu
sebesar 1,67, diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak, dengan kata lain dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Brain Based Learning terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci: Brain Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd. Si. M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Aug 2017 05:21
Last Modified: 19 Aug 2022 02:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item