PENGARUH METODE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN)

Marhaeni, Nafida Hetty (2017) PENGARUH METODE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran
Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair Share/TPS) terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika di
kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan yang terdiri dari enam kelas dan berjumlah
192 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara purpossive sampling sebanyak dua
kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C. Dalam penelitian ini, kelas VIII A berjumlah
32 siswa merupakan kelompok eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran TPS
dan kelas VIII C berjumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol yang diterapkan
metode konvensional. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keaktifan belajar siswa.
Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode TPS dan metode
konvensional digunakan uji manova, dan untuk melihat metode mana yang lebih
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa
digunakan uji independent-sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh metode TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar
siswa, dan diperoleh bahwa metode TPS lebih berpengaruh daripada metode
konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar, dan TPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:13
Last Modified: 19 Aug 2022 02:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item
View Item