Luciaga, Twenty Dita (2018) GAMBARAN PERILAKU VANDALISME SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
abstrak.pdf
Download (41kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (82kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (71kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (71kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
BAB V.pdf
Download (36kB) | Preview
cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
naskah SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Remaja adalah individu yang beusia dari 14 tahun - 18 tahun yang pada masa perkembangannya sedang mangelami perubahan-perubahan fisik, kognitif dan sosio-emosional. Pada masa ini remaja mengalami masa yang disebut stress & storm, dimana banyak sekali tekanan dari luar maupun dari dalam diri remaja itu sendiri. Tekanan ini kemudian membuat remaja ingin memberontak dengan cara melanggar peraturan-peraturan baik di masyarakat atau lingkungan sekolah, karena remaja pada usia ini masuk pada usia sekolah. Peraturan dalam sekolah ini mengatur bagaimana siswa harus perilaku dan tata krama selama ada di lingkungan sekolah. Termasuk di dalamnya tentang tanggung jawab memelihara lingkungan sekolah mulai dari kebersihan dan ketertiban. Dengan tekanan untuk mentaati peraturan di skeolah ini, siswa merasa terkekang dan melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah ini, mulai dari membolos, membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Vandalisme merupakan tindakan yang sengaja dilakukan untuk merusak sebuah objek baik baik milik pribadi maupun fasilitas umum. Vandalisme yang dilakukan oleh siswa sekolah ini terdiri dari mencoret-coret, memetik, memotong, mengambil dan merusak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan data gambar. Responden utama dalam penelitian ini sebanyak 3 orang dengan karakteristik sebagai berikut : siswa SMA/SMK yang melakukan perilaku vandalisme di lingkungan sekolah. Berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku vandalisme yang muncul dari siswa tersebut terdiri dari coret-coret, merusak, mengambil dan memetik, perilaku juga muncul baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan klasifikasi bentuk perilaku responden Ra termasuk dalam klasifikasi tipe Play vandalism. Pada responden K, termasuk dalam klasifikasi tipe Play vandalism dan Wanton vandalism. Pada responden Tk, termasuk dalm klasifikasi tipe Play vandalism dan Ideological vandalism.
Kata kunci : vandalisme, siswa, sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Santi Esterlita Purnamasari, M.Si |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 06:21 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:50 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4346 |