Istijabah, Istijabah (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PENALARAN ADAPTIF SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (110kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (344kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (457kB)
BAB V.pdf
Download (14kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk
1)
mendeskripsikan pengaruh metode
pembelajaran
Guided Teaching
terhadap kemampuan representasi matematis dan
penalaran adaptif siswa,
2) P
engaruh metode pembelajaran konvensional terhadap
kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa, dan
3) M
anakah
metode yang lebih berpengaruh antara metode
Guided Teaching
dan metode
pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi
matematis dan penalaran
adaptif
pada
siswa
kelas VIII SMP N 1 Pajangan
. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desin penelitian menggunakan
pretest posttest control group design
.
Dimana dalam penelitian ini ada dua kelompok yang digunakan,
yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol.
Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N 1
Pajangan yang berjumlah 150 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara
purpo
s
sive
sampling
sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A dan VII
I E. Dalam penelitian ini, kelas
VIII A adalah kelompok eksperimen yang diterapkan metode
Guided Teaching
,
sedangkan kelas VIII E adalah kelas kontrol yang diterapkan metode konvensional.
Adapun instrument yang digunakan adalah tes kemampuan representasi m
atematis dan
tes kemampuan penalaran adaptif siswa. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh
penggunaan metode pembelajaran
Guided Teaching
dan metode pembelajaran
konvensional terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa
digunakan uji
manova
, dan untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh
terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran adaptif siswa digunakan uji
independent sample t
-
test
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
Guided
Teaching
berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis dan penalaran
adaptif siswa, metode pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap kemampuan
representasi matematis dan penalaran adaptif siswa, dan metode
Guided Teaching
lebih
berpengaruh daripada met
ode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan
representasi matematis dan penalaran adaptif pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan.
Kata kunci:
Representasi Matematis, Penalaran A
daptif,
Guided Teaching.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Heru Sukoco, S.Si., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 10:29 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:21 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/453 |