AN ANALYSIS OF SECONDARY SCHOOL ENGLISH TEACHERS' PROBLEM IN DESIGNING LESSON PLAN BASED ON THE 2013 CURICULUM

Chozali, Nawan Allex (2017) AN ANALYSIS OF SECONDARY SCHOOL ENGLISH TEACHERS' PROBLEM IN DESIGNING LESSON PLAN BASED ON THE 2013 CURICULUM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
CHAPTER I.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER II.pdf] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of CHAPTER III.pdf] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of CHAPTER IV.pdf] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
CHAPTER V.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[thumbnail of FULL THESIS.pdf] Text
FULL THESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Perubahan kurikulum Indonesia membawa dampak pada pendidikan. Guru harus mengadopsi kurikulum dan peraturan yang baru dengan benar. Transformasi ini dapat membawa masalah bagi guru terutama dalam merancang program pengajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru terhadap transformasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ke Kurikulum 2013; Dan (2) masalah guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kasus multisite dan metode kualitatif. Metode ini cocok karena hasilnya menggambarkan permasalahan yang dihadapi guru di SMP N 1 Nanggulan dan MTs N 4 Girimulyo yang bertempat di Kecamatan Nanggulan dan Girimulyo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diperiksa dengan menerapkan transferability, kredibilitas, kehandalan, dan konfirmabilitas. Data yang valid dianalisis dengan menerapkan empat langkah yang diberi nama elaborasi, reduksi, presentasi, dan kesimpulan atau verifikasi.

Penelitian menemukan bahwa (1) ada persepsi negatif dan positif dalam transformasi kurikulum dari Sekolah Berbasis Kurikulum 2013 yang dikemukakan oleh para guru. Mereka merasa lebih nyaman dan mudah dalam mengajar namun mereka juga kesulitan dalam persiapan pengajaran (2) berkaitan dengan masalah yang ditemukan dalam merancang rencana pelajaran, guru memiliki masalah dalam: merancang langkah pengajaran yang mendetail; memilih media, alat, dan referensi; Kelengkapan elemen rencana pembelajaran; Pemahaman para guru tentang tata cara merancang rencana pelajaran; Kapasitas guru dalam membuat rencana pelajaran mereka sendiri

Kata Kunci: Kurikulum 2013, RPP, Guru, Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Restu Arini,S.Pd.,M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:02
Last Modified: 19 Aug 2022 00:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item
View Item