HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sangadji, Arniyati Halil (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan minat membaca pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Data penelitian diambil menggunakan angket motivasi berprestasi dan angket minat membaca. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Subjek penelitian ini berjumlah 55 siswa SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan minat membaca. Uji korelasi pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi memiliki hubungan positif dengan minat membaca pada siswa dengan kefisien korelasi (nilai r) sebesar 0,455 dengan p < 0,01, artinya bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi siswa maka semakin tinggi pula minat membaca siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi berprestasi siswa maka semakin rendah pula minat membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Variabel motivasi berprestasi memberikan sumbangan efektif terhadap minat membaca pada siswa dengan koefisien determinasi sebesar 20,7% sedangkan 79,3% disumbangkan oleh faktor lain.
Kata kunci: Minat Membaca, Motivasi Berprestasi, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Motivasi Berprestasi, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 07:32
Last Modified: 18 Aug 2022 13:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item
View Item