HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN CLASSROOM INCIVILITY PADA MAHASISWA

Penanda, Putri Sinta (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN CLASSROOM INCIVILITY PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI PENUH] Text (SKRIPSI PENUH)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Classroom incivility merupakan setiap tindakan atau perilaku yang
mengganggu lingkungan belajar yang harmonis dan kooperatif dalam ruang kelas.
Perilaku classroom incivility ini tidak menutup kemungkinan dilakukan juga oleh
mahasiswa di lingkungan kelasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan antara kematangan emosi dengan classroom incivility pada mahasiswa.
Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara kematangan emosi
dengan perilaku classroom incivility pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan
pada 98 mahasiswa, yang berusia 18-25 tahun dan terdaftar aktif kuliah di
universitas. Alat ukur yang digunakan berupa skala classroom incivility dan skala
kematangan emosi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis product moment dari Pearson. Hasil koefisien kematangan emosi
dengan classroom incivility pada mahasiswa sebesar (rxy) = - 0.266 yang berarti
adanya hubungan negatif antara kematangan emosi dengan perilaku classroom
incivility pada mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti
menyatakan bahwa hipotesis diterima. Variabel kematangan emosi dalam
penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 7,1% terhadap tingkat
classroom incivility pada mahasiswa, dan sisanya ditentukan oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Incivility, Kematangan Emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:06
Last Modified: 09 Jan 2020 07:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7433

Actions (login required)

View Item
View Item