Keefektifan Pembelajaran Lingkaran Berbantuan Software Geogebra Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Visual Thinking Siswa Sekolah Menengah Pertama

Tigara, Zona Asha (2019) Keefektifan Pembelajaran Lingkaran Berbantuan Software Geogebra Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Visual Thinking Siswa Sekolah Menengah Pertama. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (548kB)

Abstract

Zona Asha Tigara : Keefektifan Pembelajaran Lingkaran Berbantuan Software Geogebra Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif dan Visual Thinking Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Strata Satu. Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran lingkaran berbantuan software Geogebra ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan visual thinking siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purpossive sampling. Dari delapan kelas yang ada dipilih dua kelas untuk dijadikan sampel, yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, pembelajaran lingkaran disampaikan dengan bantuan software Geogebra, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran lingkaran disampaikan melalui metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan visual thinking. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran lingkaran berbantuan software Geogebra ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan visual thinking, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test. Perbedaan kemampuan awal dan perbedaan keefektifan diukur dengan menggunakan uji MANOVA dengan kriteria �2��������� pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya untuk mengetahui perbandingan keefektifan antara pembelajaran lingkaran berbantuan software Geogebra dengan metode konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan visual thinking, data dianalisis secara univariat dengan independent sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran lingkaran berbantuan software Geogebra efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. 2) Pembelajaran lingkaran berbantuan software Geogebra efektif untuk meningkatkan kemampuan visual thinking. 3) Pembelajaran lingkaran berbantuan software Geogebra lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan visual thinking daripada metode konvensional. Kata kunci: berpikir kreatif, visual thinking, Geogebra

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Dec 2019 05:25
Last Modified: 11 Dec 2019 05:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7305

Actions (login required)

View Item View Item