HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF-AWARENESS) DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMA

Safitri, Ferra July (2020) HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF-AWARENESS) DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa. Data dikumpulkan dengan skala kedisiplinan belajar dan skala kesadaran diri (self-awareness). Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi rxy = 0,316 dengan p= 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Variabel kesadaran diri (self-awareness) dalam penelitian ini memiliki sumbangan efektif sebesar 10% terhadap variabel kedisiplinan belajar pada siswa SMA dan sisanya 90% berhubungan dengan variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kesadaran diri, kedisiplinan belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:40
Last Modified: 24 Feb 2021 04:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10251

Actions (login required)

View Item
View Item