PENGARUH KONSEP DIRI MEMBACA DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP MINAT MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Susanti, Nofi Tri (2022) PENGARUH KONSEP DIRI MEMBACA DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP MINAT MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
Nofi Tri Susanti_Naskah Tesis FIXED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kondisi pandemi dan adanya pembelajaran melalui metode daring, dimana anak lebih banyak bersama orang tua. Rendahnya minat baca siswa menjadi permasalahan penting yang memerlukan perhatian khusus dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri membaca terhadap minat membaca pada siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh dukungan social orang tua terhadap minat membaca pada siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri membaca dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama dengan minat membaca pada siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa siswi SD Negeri Di Kecamatan Wonosobo dari kelas 3, 4, 5 dan 6 dengan tehnik pengambilan sample menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sample sejumlah 113 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode skala likert. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh konsep diri membaca dan dukungan sosial orang tua sebesar 54,7% sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY kampus 3
Uncontrolled Keywords: Konsep diri Membaca, Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Membaca
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:37
Last Modified: 01 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item
View Item