Furqon, Naufal (2023) HUBUNGAN ANTARA SOCIAL COMPARISON DI MEDIA SOSIAL DENGAN SELF-ESTEEM PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (86kB)
BAB I.pdf
Download (115kB)
BAB V.pdf
Download (7kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (105kB)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Naskah Publikasi_Naufal Furqon_17081562.docx
Download (72kB)
Abstract
Remaja adalah pengguna media sosial paling aktif, penelitian terdahulu
menunjukkan bahwa media sosial dapat mempengaruhi self-esteem pada remaja.
Salah satu faktor yang mempengaruhi self-esteem adalah social comparison atau
perbandingan sosial yang dapat terjadi di media sosial. Self-esteem merupakan
penilaian diri terhadap kompetensi diri. Perbandingan sosial adalah ketika individu
melakukan pengamatan pada perilaku orang lain, menilai kemampuan diri sendiri
lalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Terdapat dua jenis
perbandingan sosial yakni perbandingan ke atas dan perbandingan ke bawah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan sosial baik ke
atas maupun ke bawah terhadap self-esteem. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan teknik analisis korelasi product-moment. Alat ukur yang
digunakan ialah dua skala yang mengukur tingkat perbandingan sosial dan self
esteem. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 mahasiswa dan mahasiswi aktif
STIB Kumala Nusa yang aktif dalam menggunakan media sosial. Hasil penelitian
menunjukkan F hitung = -0,662 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05, yang
menujukkan adanya hubungan negatif antara perbandingan sosial ke atas terhadap
self-esteem dengan pengaruh yang signifikan. Sedangkan untuk perbandingan
sosial ke bawah, hasil penelitian menunjukkan F hitung = 0,655 dengan nilai
signifikansi p = 0,000 < 0,05, yang menujukkan adanya hubungan positif antara
perbandingan sosial ke bawah terhadap self-esteem dengan pengaruh yang
signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | remaja, self-esteem, perbandingan sosial, media sosial. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 01:29 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 01:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18357 |