PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA SMP PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yuliani, Yuliani (2023) PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA SMP PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak_Yuliani.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1_Yuliani.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V_Yuliani.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Yuliani.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT YULI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasih_18081406_Yuliani.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai peran guru dalam memotivasi siswa SMP pada
masa pandemi COVID-19. Indonesia menjadi negara kedua tertinggi penyebaran
COVID-19 dengan lonjakan di atas 1000. Indonesia menduduki posisi 31 dari 40
negara dengan jumlah kasus terbanyak di dunia. Di Indonesia pandemi COVID-19
telah melumpuhkan kegiatan belajar mengajar di intansi pendidikan, setidaknya ada
1,3 miliar sekolah di dunia tutup akibat virus asal Wuhan. Di Indonesia ada 646
sekolah ditutup dari tingkat pendidikan PAUD hingga perguruan tinggi. Akibatnya
68,8 juta siswa belajar di rumah dan 4,2 juta guru dan dosen mengajar dari rumah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2020 hasil survei yang
dilakukan menunjukkan 97,6% sekolah telah melaksanakan kegiatan belajar dari
rumah, hanya menyisakan 2,4% sekolah yang masih tetap menjalankan kegiatan
belajar-mengajar di instansi Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana peran guru dalam memotivasi siswa SMP selama pandemi
COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Dengan data yang diperoleh melalui wawancara, dan
observasi. Jumlah partisipan adalah tiga orang siswa SMP yang telah disesuaikan
dengan kriteria pada variabel penelitian peneliti. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa partisipan mengalami penurunan motivasi serta peran guru perlu
ditingkatkan selama pembelajaran. Siswa merupakan individu seutuhnya yang
berupaya untuk menggali kemampuan atau potensi agar lebih berpotensi dengan
adanya bantuan dari guru sebagai pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Peran Guru, Pandemi COVID-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:17
Last Modified: 06 Jan 2025 03:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item
View Item