PERSEPSI #ORANGBAIK MENGENAI PENGGUNAAN PLATFORM KITABISA.COM SEBAGAI MEDIA PENGGALANGAN DANA DARING (Studi Pada Followers Instagram Kitabisa.Com yang Merupakan Donatur)

Tampubolon, Anneta Uly Christanta (2023) PERSEPSI #ORANGBAIK MENGENAI PENGGUNAAN PLATFORM KITABISA.COM SEBAGAI MEDIA PENGGALANGAN DANA DARING (Studi Pada Followers Instagram Kitabisa.Com yang Merupakan Donatur). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL PDF + BOOKMARK ANNETA ULY CHRISTANTA TAMPUBOLON.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tren yang muncul karena adanya kemajuan teknologi adalah penggalangan dana yang dilakukan secara daring. Berawal dari sebuah gerakan sosial, Kitabisa bertransformasi menjadi platform penggalangan dana dan berdonasi secara daring atau biasa disebut crowdfunding. Sesuai dengan tagline kitabisa yaitu “Menghubungkan Jutaan Kebaikan”, platform ini menjadi sarana untuk masyarakat agar selalu berbuat baik tanpa henti dimulai dengan 1000 rupiah, masyarakat sudah dapat ikut berdonasi dan hal inilah yang telah dilakukan oleh 3.850.333 #OrangBaik. Populasi dalam penelitian ini adalah mereka yang merupakan followers akun instagram Kitabisa sebanyak kurang lebih 878.000 orang (Data diambil per Agustus 2022) dan yang sudah pernah melakukan donasi. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang donatur yang juga merupakan followers instagram kitabisa. Pengumpulan sampel akan menggunakan fitur Direct Message Instagram dengan melakukan seleksi menggunakan beberapa pertanyaan, jika yang bersangkutan sesuai dengan ciri-ciri populasi, maka pertanyaan dalam bentuk google form akan dikirimkan. Penelitian ini menggunakan Model TAM yang menjelaskan bahwa persepsi pengguna akan menentukan sikapnya dalam penggunaan teknologi informasi dan menggambarkan lebih jelas tentang penggunaan teknologi informasi yang dipengaruhi oleh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Using, dan Actual Usage. Perceived Ease of Use. Hasil penelitian ini adalah Para Donatur berkesimpulan bahwa Kitabisa sangat mudah untuk digunakan dan merupakan platform yang ramah bagi pemula dengan fitur yang lengkap dan menarik, Platform Kitabisa juga memiliki manfaat dan menemukan solusi yang cukup jelas dan tidak ada hambatan yang terjadi didalamnya, para donatur menyatakan sikap yakin dan puas untuk melakukan donasi secara daring dan merasa aman melakukan donasi dikarenakan penyaluran dana pada platform kitabisa sudah tepat sasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KitaBisa, Penggalangan Dana Online, Tam Model
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:24
Last Modified: 07 Jan 2025 07:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19409

Actions (login required)

View Item
View Item