Mentari, Marchelina Atika Heyuning (2024) PERAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA DI ERA DIGITAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (33kB)
BAB I.pdf
Download (102kB)
BAB V.pdf
Download (27kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (40kB)
Skripsi_Marchelina Atika_200720156.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Naskah Publikasi_Marchelina Atika_200720156.docx
Restricted to Repository staff only
Download (94kB) | Request a copy
Abstract
Memasuki era globalisasi saat ini sangat dipromotori oleh keberadaan internet, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2023 pengguna inernet di Indonesia mencapai 78,19 % atau menembus 215.773.901 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa internet saat ini menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga membuat popularitas media digital di Indonesia pun mulai mengalami pergerakan menuju tren online mobile. kemunculan internet menjadi tantangan bagi praktisi Public Relations profesional untuk dapat menjangkau publiknya secara efektif, Peran manajemen Public Relations sebagai garda terdepan untuk penyebaran informasi publik dengan menggunakan media digital supaya dapat menjalin komunikasi dengan publik secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai peran manajemen Public Relations dalam meningkatkan citra positif Universitas Mercu Buana Yogyakarta di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif postpositivisme dan dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dapat memberikan penjelasan mengenai peran manajemen Public Relations di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Optimalisasi media digital yang dilakukan oleh Humas Universitas Mercu Buana adalah memanfaatkan website, bekerjasama dengan pengelola media sosial Instagram UMBY, dan bekerjasama dengan media online. Dalam pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh Humas UMBY adalah menggunakan website. Dengan mengimplementasikan peran manajemen Public Relations ini, tujuannya untuk meningkatkan citra positif Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran manajemen public relations, citra positif, era digita |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 05:33 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 05:33 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19457 |