KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PADA PROGRAM SUDUT BACA OLEH KOMUNITAS MYDUA FOUNDATION WONOGIRI

Kurniawati, Riska Seli Nanda (2023) KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PADA PROGRAM SUDUT BACA OLEH KOMUNITAS MYDUA FOUNDATION WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI (RISKA SELI NANDA KURNIAWATI-190710031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (668kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan kampanye program Sudut Baca oleh Komunitas Mydua Foundation Wonogiri yaitu untuk meningkatkan minat baca masyarakat Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisa dari orang-orang dan perilaku yang diminati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis yakni teori Model Kampanye Ostergaard, Leon Ostergaard yang merupakan salah satu teori kampanye, akan membentuk dan menjelaskan bagaimana proses awal yakni pra kampanye, perencanaan, pekaksanaan hingga pasca kampanye program Sudut Baca sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Wonogiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Tahapan pra kampanye terdiri dari mengidentifikasi masalah dan mencari sebab akibatnya, 2) Tahapan Perencanaan terdiri dari menentukan khalayak sasaran, pelaku kampanye, pesan kampanye, dan saluran media kampanye, 3) Tahap pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan kampanye secara langsung dan melalui media, 4) Tahapan pasca kampanye dengan melakukan evaluasi setiap minggu nya dan evaluasi dengan melihat respons khalayak sasaran ketika dilakukan kampanye secara langsung dan kampanye melalui media. Faktor-faktor penghambat pelaksanaan kampanye program Sudut Baca yaitu kurangnya dana, sulit menyadarkan masyarakar, dan cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations, Program Sudut Baca, Minat Baca
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:11
Last Modified: 07 Jan 2025 03:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item
View Item