STRATEGI MANAJEMEN EVENT CHERRYPOP FESTIVAL 2022 OLEH IKONSER

Atfifudin, Khoirul (2024) STRATEGI MANAJEMEN EVENT CHERRYPOP FESTIVAL 2022 OLEH IKONSER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Publikasi Ilmiah_Khoirul Atfifudin_190710226_.docx

Download (29kB)

Abstract

Banyak event organizer yang kerap membuat banyak acara di di Yogyakarta, salah satunya adalah iKonser. iKonser berhasil mengadakan acara musik bernama Cherrypop Festival pada Sabtu, 25 Juni 2022 di panggung Alpha Bravo, Bantul, Yogyakarta. Cherrypop Festival 2022 menyuguhkan panggung musik dengan menampilkan band-band yang menjadi subkultur anak muda. Ada aktivasi penunjang lainnya, berupa pop up market, siggning session, Rekam Skena, dan lain sebagainya. Di balik kesukseskan acara itu, tentu ada strategi manajemen event yang dilakukan oleh iKonser. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Penelitian ini berfokus pada strategi manajemen event yang dilakukan oleh iKonser dalam mengelar Cherrypop Festival 2022. Lokasi penelitian ada pada kantor iKonser. Kerangka teori yang digunakan memakai teori manajemen event dari Joe Goldblatt yang meliputi, Research, Design, Planning, Coordination, dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini mengambarkan bahwa iKonser dalam mengarap Cherrypop Festival 2022 telah melakukan lima tahapan yang dikemukana oleh Joe Goldblatt antara lain Research, Design, Planning, Coordination, dan Evaluation. Research yang dilakukan adalah berangkat dari hal-hal yang menjadi target pasar, lalu Design yang dimaksud adalah membuat konsep yang menarik, Planning adalah melakukan berbagai persiapan untuk menunjang keberhasilan event, Coordination adalah melakukan koordinasi dan pembagian tugas, serta yang terakhir Evaluation adalah dengan mengevaluasi hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan sebagai bagian pembelajaran untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Event, Cherrypop Festival 2022, iKonser
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 05:48
Last Modified: 07 Jan 2025 05:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item
View Item