STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DINAS PARIWISATA KABUPATEN KEBUMEN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA MELALUI AKUN INSTAGRAM @PLESIRBUMEN

Hamzah, Rama Fauzan (2024) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DINAS PARIWISATA KABUPATEN KEBUMEN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA MELALUI AKUN INSTAGRAM @PLESIRBUMEN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB 5.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (218kB)

Abstract

Kebumen merupakan sebuah daerah yang terletak di Jawa Tengah yang terkenal dengan
potensi wisatanya. Letak Kabupaten Kebumen yang strategis menjadikannya sebagai destinasi
wisata yang menarik dan memiliki banyak potensi. Semakin berekmbanganya sosial media
membuat Dinas Pariwisata Kebumen berusaha mengoptimalkan potensi pemasaran online
salah satunya adalah melalui instagaram @plesirbumen.Akun @plesirbumen merupakan akun
instagaram yang dikelola oleh dinas pariwisata kabupten kebumen sebagai media untuk
mempromosikan pariwisata dan industri kreatif yang ada di kebumen, Metode yang digunakan
dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan prosedur observasi,
dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap sumber data yang ada di lapangan, Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi social media marketing yang dilakukan oleh dinas
pariwisata kabupaten kebumen melalui media sosial Instagram @plesirbumen dan juga untuk
mengetahui bagaimana manfaat akun instagram @plesirbumen. Penulisan skripsi ini mengacu
pada dimensi social media marketing menurut As’ad dan Alhadid yang terdiri dari lima dimensi
yaitu online communities, interaction, sharing of content, accessibility dan credibility. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Kebumen berhasil mengoptimalkan
Instagram sebagai alat pemasaran pariwisata, adanya komunitas online sangat membantu dinas
pariwisata dalam mempromosikan pariwisata yang ada di kebumen dan dengan adanya
interaction Mereka berhasil membangun komunikasi yang baik dengan pengikut instagram
@plesirbumen, adanya sharing of content membuat akun instagram @plesirbumen dapat
membagikan postingan yang menarik, menciptakan konten visual menarik, dan meningkatkan
daya tarik destinasi pariwisata .dan juga membangun acesibility dengan kemudahan dalam
mengakses dan mencari infromasi di akun instagaram @plesirbumen dan juga adanaya
kredibility membuat infromasi yang dibagikan di instagram @plesirbumen dapat membangun
kepercayaan pengikut mereka, dan juga menciptakan platform yang dapat diandalkan bagi
wisatawan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instagram, social media marketing, pariwisata, Dinas Pariwisata Kebumen, @plesirbumen
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:34
Last Modified: 30 Dec 2024 03:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item
View Item