Aryani, Dwi (2015) CONTENT ANALYSIS ON ENGLISH MODULE “BAHASA INGGRIS” (A Case Study Conducted at the Grade XII of SMA N 6 Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.docx
Download (13kB)
DWI ARYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan buku atau modul di sekolah sangat penting sebagai salah satu
bahan ajar. Buku tersebut harus dievaluasi untuk beberapa hal seperti faktor
internal dan eksternal. Pokok dari evaluasi ini terpacu pada faktor internal yang
difokuskan pada konten atau materi. Evaluasi ini disebut analisis konten karena
penelitian ini difokuskan pada materi dalam buku. Penelitian ini menggunakan
kriteria evaluasi dari Cunningsworth yang meliputi lima aspek utama dan
dijabarkan menjadi sepuluh aspek. Kriteria evaluasi meliputi design and
organization, language content, grammar, vocabulary, language skill, listening,
speaking, reading, writing, dan practical consideration. Selain itu,penelitian ini
dibandingkan dengan evaluasi buku dari Hutchinson dan Waters yang mencakup
audience, aims, content, methodology, dan others. Penelitian ini bertujuan untuk
menyimpulkan apakah modul yang digunakan sudah memenuhi kriteria modul
yang layak dan untuk menggambarkan hasil evaluasi buku tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus dengan modul yang
digunakan siswa SMA N 6 Yogyakarta sebagai objek penelitian. Instrumen yang
digunakan dalam mengumpulkan data meliputi studi dokumenter dan analisis
konten. Terdapat beberapa langkah dalam penelitian ini seperti persiapan, analisis,
dan laporan. Setelah itu, hasil penelitian di gambarkan dalam deskripsi kualitatif.
Evalusi buku menggunakan kriteria evaluasi dari Hutchinson dan Waters
menghasilkan 78, 57% yang menunjukkan buku tersebut bagus. Sedangkan
berdasarkan evaluasi, terdapat lima aspek yang mendapat nilai sangat bagus
dengan rentang persentase 80%-100% diantaranya design and organization,
grammar, language skill, speaking, dan practical consideration. Sedangkan
language content, listening, dan writing mendapatkan skor dalam rentang 60%-
79% dan dianggap bagus. Aspek yang lain seperti vocabulary dan reading
mendapatkan penilaian rendah karena mendapat nilai dibawah 50%.
Secara keseluruhan, evaluasi mendapatkan hasil 74.25% dan dikategorikan
sebagai buku yang bagus. Buku harus memperhatikan beberapa bagian dalam
buku yang mendapatkan skor penilaian rendah seperti materi untuk reading dan
vocabulary. Berdasarkan evaluasi, buku Bahasa Inggris tersebut bisa digunakanviii
untuk guru dan siswa dengan saran untuk lebiih memperhatikan materia dalam
buku terutama pada materi yang mendapatkan skor penilaian rendah.
Dari evaluasi buku menggunakan dua konsep dari Cunningsworth yang di
bandingkan dengan Hutchinson dan Waters menunjukkan perbedaan yang sangat
tipis dengan perbedaan 4, 32%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Studi Kasus, Modul Bahasa Inggris, Analisis Konten |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:23 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21313 |