Rimawati, Rika (2017) IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILL BY USING SCAFFOLDING TECHNIQUE TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP BOPKRI GODEAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB 1.pdf
Download (63kB) | Preview
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
BAB V.pdf
Download (48kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang penelitian didasari fenomena yang terjadi di kelas 7 SMP
BOPKRI Godean. Belajar bahasa Inggris terutama ketrampilan menulis masih rendah
didalam perbendaharaan kosa kata, struktur kalimat, dan mengorganisir paragraph.
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) untuk menganalisis keterampilan menulis
siswa menggunakan teknik scaffolding; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan
ketermpilan menulis siswa menggunakan teknik scaffolding; (3) untuk menemukan
ketertarikan siswa dalam keterampilan menulis menggunakan teknik scaffolding.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian
tindakan kelas. Peneliti menggunakan teknik scaffolding didalam mengajar menulis
bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan siswa didalam ketrampilan menulis.
Peserta penelitian tersebut terdiri dari 14 siswa kelas 7 SMP BOPKRI Godean.Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan teknik scaffolding untuk pembelajaran menulis
deskriptif teks dalam tiga tahap menggunakan model scaffolding yang dikutip dari Silvia
Read. Lima langkah teknik scaffolding menurut Silvia Read yaitu: penyelidikan,
memperagakan, membagi bersama, kolaboratif, dan berdiri sendiri. Peneliti berharap
siswa dapat meningkatkan ketrampilan menulis mereka menggunakan teknik scaffolding.
Hasil penelitian tersebut ditunjukkan dengan pre-tes dan post-tes. Dalam pre-tes,,
skor rata-rata siswa adalah 49 sedangkan pada post-test tahap 1, nilai skor rata-rata siswa
adalah 64. Pada cycle kedua, rata-rata skor siswa adalah 75,9. Akhirnya, peneliti dapat
menyimpulkan dari data tersebut bahwa adanya peningkatan dengan menggunakan teknik
scaffolding.
Kata Kunci: menulis, teknik scaffolding, anak remaja, dan PTK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Dr. Hermayawati,S.Pd.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Menulis, teknik scaffolding, anak remaja, dan PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pendidikan Bahasa Inggris UMBY |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:26 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 00:38 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/519 |