KEJENUHAN BELAJAR DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN

Pratiwi, Ema Rossyana (2019) KEJENUHAN BELAJAR DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran IV HASIL ANALISIS DATA PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI PENUH] Text (SKRIPSI PENUH)
15081052_Ema Rossyana Pratiwi_Kelas Reguler_Skripsi Full Text Kejenuhan belajar Ditinjau dari Karakteristik Kepribadian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar
ditinjau dari karakteristik kepribadian. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini adalah ada perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian
dimana individu dengan kepribadian intravert memiliki kejenuhan belajar yang
lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki kepribadian ekstravert.
Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa
dengan kepribadian ekstravert dan 25 siswa dengan kepribadian intravert. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Kejenuhan Belajar
dan alat tes MBTI. Hasil analisis Independent Sample T-Test, diperoleh hasil
t=4.553 (p<0.050), berarti ada perbedaan yang signifikan antara Kejenuhan
Belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert dengan siswa yang
memiliki kepribadian intravert. Kejenuhan belajar pada siswa yang memiliki
kepribadian ekstravert lebih rendah (mean = 43.68) dibandingkan kejenuhan
belajar pada siswa dengan kepribadian intravert (mean = 52.12). Berdasarkan
hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Kepribadian, Ekstravert, Intravert
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:23
Last Modified: 07 Jan 2020 08:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item
View Item