ANALISIS RANTAI PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI PASAR HEWAN SIYONO HARJO KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Ramadhan, Ghafi Hutama Gilang (2023) ANALISIS RANTAI PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI PASAR HEWAN SIYONO HARJO KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI Ghafi Hutama Gilang Ramadhan 18021002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI GHAFI HUTAMA.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai pemasaran ternak di Pasar
Hewan Siyono Harjo Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini
dilakukan selama dua bulan dimulai dari September-Oktober 2022. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Variabel yang diamati adalah
saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran,
efisiensi pemasaran, dan farmer’s share. Data yang didapat dideskripsikan dalam
bentuk nilai rataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 rantai
pemasaran sapi potong yaitu rantai saluran I (peternak – konsumen akhir) dengan
persentase 42%, saluran pemasaran II (peternak-blantik-konsumen akhir) dengan
persentase 29%, dan rantai pemasran saluran III (peternak-pedagang besarkonsumen akhir) dengan persentase 29%, biaya pemasaran sapi potong pada
saluran I sebesar Rp. 317.700, saluran pemasaran II dengan biaya pemasaran
sebesar Rp. 415.800, dan biaya pemasaran pada saluran III sebesar Rp. 668.400,
nilai famer’s share sapi potong pada saluran I sebesar 97,8%, saluran II sebesar
88,3%, dan saluran III sebesar 69,6%. Nilai efisiensi sapi potong pada saluran I
sebesar 2%, saluran II sebesar 2,75%, dan saluran III sebesar 4,54%. Saluran
pemasaran yang paling efisien adalah saluran I karena tidak melibatkan berbagai
rantai sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya pada saat melakukan pemasaran.
Disimpulkan bahwa penjualan ternak yang menguntungkan adalah tanpa perantara
yaitu dari peternak langsung ke konsumen akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Rantai pemasaran, sapi potong, Pasar Hewan Siyono Harjo
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:48
Last Modified: 24 Dec 2024 02:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17505

Actions (login required)

View Item
View Item